DIGITALISASI dan transformasi digital sekarang ini merupakan keniscayaan. Nyaris semua sektor kehidupan kini mengalaminya. Tidak terkecuali sektor asuransi. Mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman, berangsur-angsur, perusahaan-perusahaan asuransi mulai menerapkan digitalisasi untuk sejumlah layanan dan produknya.
Untuk memilih dan membeli produk asuransi, misalnya, nasabah tidak perlu repot-repot datang menemui staf layanan pelanggan (customer service). Cukup menggunakan ponsel atau komputer serta koneksi internet dan kemudian mengakses aplikasi digital yang telah disediakan, pemilihan dan pembelian sebuah produk asuransi bisa segera dilakukan.
| Digitalisasi menerpa segenap sektor kehidupan. Tak terkecuali sektor asuransi. Sumber gambar: tugu.com. |
Ke depan, boleh jadi digitalisasi di sektor asuransi ini akan semakin mengemuka. Fenomenanya mirip seperti apa yang terjadi dalam sektor-sektor finansial dan perbankan.
Di Indonesia, saat ini, sudah ada sejumlah perusahaan asuransi yang mulai menawarkan layanan dan produknya secara digital.
Banyak analis berpendapat, peluang pertumbuhan asuransi digital di negeri ini di masa depan cukup besar seiring terus meningkatnya aktivitas online masyarakat kita. Bagi masyarakat sendiri, digitalisasi sektor asuransi akan semakin memudahkan mereka dalam mengakses layanan dan produk asuransi dari mana saja dan kapan saja.
Selama ini, tidak sedikit masyarakat kita, terutama yang tinggal di pelosok-pelosok yang kesulitan menjangkau layanan dan produk asuransi konvensional. Dengan kehadiran layanan asuransi secara digital, kesulitan semacam itu akan dapat teratasi.
Hadirnya layanan dan produk asuransi secara digital akan ikut membantu dalam mewujudkan keadilan dalam hal akses layanan dan produk asuransi yang mudah dan cepat bagi semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Dengan demikian, diharapkan inklusi asuransi di negara kita akan semakin meningkat.
Akan tetapi, patur diingat, di balik kemudahan dan kecepatan layanan dan produk asuransi secara digital, terdapat pula sejumlah risiko yang perlu diwaspadai karena berpotensi merugikan nasabah maupun sektor asuransi. Salah satunya yaitu menyangkut soal keamanan siber.
Keamanan siber adalah praktik melindungi sistem elektronik seperti jaringan komputer beserta data di dalamnya. Keamanan siber yang lemah akan memudahkan para peretas menerobos ke dalam sistem jaringan komputer dan kemudian melakukan tindakan kejahatan lainnya seperti memanipulasi data atau mencuri data.
Oleh sebab itu, keamanan siber yang benar-benar kuat dalam sistem layanan asuransi digital adalah sebuah keharusan. Ini untuk memproteksi aset pelanggan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan dan produk asuransi secara keseluruhan.
| Digitalisasi membantu meningkatkan jangkauan pemasaran produk asuransi. Sumber gambar: tugu.com. |
Di luar kedua risiko tersebut, yang tak kalah pentingnya pula adalah peningkatan literasi digital masyarakat, khususnya yang terkait dengan akses terhadap layanan dan produk asuransi. Dengan memiliki kemampuan literasi digital yang mumpuni diharapkan masyarakat dapat lebih bijak serta lebih cermat saat harus melakukan aktivitas online yang terkait dengan layanan dan produk asuransi sehingga akan terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat merugikan diri mereka, dan keluarga mereka, di kemudian hari.
Era digital adalah sebuah keniscayaan. Keberadaan layanan dan produk asuransi secara digital bakal dirasakan manfaatnya oleh segenap masyarakat jika disokong dengan adanya sistem keamanan siber yang benar-benar kuat, dengan aturan perlindungan data nasabah yang jelas dan tegas, serta dibarengi dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni dari masyarakat, terutama para nasabah dan calon nasabah asuransi digital.
Melangkah lebih baik
Seperti disebutkan di muka, saat ini sejumlah perusahaan asuransi telah mulai menawarkan sejumlah layanan dan produknya secara digital. Sebut salah satunya yaitu Tugu Insurance.
Sejak awal 2021 lalu, untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk-produk asuransinya, Tugu Insurance menjalin kemitraan dengan Lifepal -- sebuah market place asuransi.
Salah satu produk unggulan Tugu Insurance yang dapat diakses via Lifepal yaitu asuransi mobil. Jadi, bagi mereka yang masih bingung mau mengasuransikan mobil mereka atau bingung memilih asuransi mobil, cukup masuk ke laman Lifepal, isi formulir, dan klik Tugu Insurance. Dalam hitung-hitungan detik, akan didapatkan informasi detil mengenai produk dan manfaat asuransi yang ditawarkan. Benar-benar simpel
Langkah Tugu Insurance menggandeng Lifepal ini tentu saja merupakan sebuah keputusan tepat dan sekaligus merupakan sebuah kolaborasi untuk bersama melangkah lebih baik, dalam menawarkan layanan dan produk asuransi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian, manfaat asuransi akan pula semakin terasakan oleh masyarakat.
| T-Drive merupakan aplikasi yang dikembangkan Tugu Insurance. Sumber gambar: tugu.com. |
Selain dengan Lifepal, Tugu Insurance juga menggandeng kerja sama dengan Hyundai Motors Indonesia (HMID). Dengan memanfaatkan aplikasi digital T-Drive, Tugu Insurance menyediakan perlindungan asuransi mobil listrik bagi pelanggan Hyundai.
T-Drive sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan Tugu Insurance sebagai dukungan untuk mengembangkan bisnis asuransi kendaraan. Di samping berisi informasi tentang bagaimana berkendara yang baik, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membeli polis asuransi dan melakukan klaim asuransi.(djk).***
---
Komentar
Posting Komentar